Universitas Megou Pak Mengadakan Webinar Seminar Nasional

Universitas Megou Pak Tulang Bawang mengadakan Webinar Seminar Nasional pada hari Sabtu, (10/04/2021). Acara ini dilaksanakan pada jam 08.30 s/d 12.30 WIB, dengan mengusung tema “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Desa Berbasis Kearifan Lokal Menuju Desa Mandiri dan Sejahtera“.

Acara ini mengundang beberapa Narasumber, diantaranya adalah Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), Ir. H. Kamrussamad, S.T., M.Si. (Anggota Komisi X DPR RI, Founder KAHMI Preneur), Dr (Cand.) Hj. Winarti, S.E., M.H (Bupati Tulang Bawang), Dr. H. Abdurrachman Sarbini, S.H., M.H., M.M. (Ketua Umum Lembaga Adat Megou Pak Bawang). Moderator acara ini adalah Dr. Triono, M.I.P. (Rektor Universitas Megou Pak Tulang Bawang) dan yang mengisi sambutan pembuka adalah Prof. Dr. H. Endang Komara, M.Si. (Dewan Pembina Universitas Megou Pak Tulang Bawang).

Dalam pelaksanaannya, acara ini dilakukan secara daring dengan live melalui aplikasi Zoom Meeting, Instagram dan Youtube. Sedangkan untuk pendaftaran, calon peserta bisa mengakses melalui bit.ly/daftarsemnasUMPTB dan pendaftaran gratis untuk umum.

Tujuan utama acara ini dilaksanakan adalah agar masyarakat desa memiliki cara-cara tersendiri untuk mengelola alam dan lingkungan. Kebiasaan-kebiasaaan itu kemudian membentuk apa yang disebut dengan kearifan lokal. Proses terbentuknya kearifan lokal sangat bergantung kepada potensi sumberdaya alam dan lingkungan serta dipengaruhi oleh pandangan, sikap, dan perilaku masyarakat setempat terhadap alam dan lingkungannya. Hal tersebut selaras dengan kajian strategi perberdayaan ekonomi. Terlihat dari masyarakat desa yang kehidupannya apa adanya, mandiri, tidak berlebih-lebihan, tenggang rasa, tidak merusak kelestarian generasi dan lingkungan, dan sebagainya.

Bentuk kearifan lokal tersebut memberi peluang kreatifitas masyarakat yang selanjutnya memunculkan ekonomi kreatif. Untuk mewujudkan pemberdayaan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal, Kementerian Sosial mempunyai Program Pengembangan Desa Sejahtera Mandiri. Upaya pemerintah mewujudkan Desa Sejahtera dan Mandiri merupakan strategi membangun ekonomi di daerah pedesaan dan kelompok masyarakat miskin di desa memperoleh apa yang mereka inginkan dan perlukan bagi dirinya maupun keluarganya.

Strategi ini merupakan upaya untuk menolong mereka yang mencari dan menggantungkan kehidupan di desa untuk memperoleh lebih banyak manfaat dari hasil pembangunan. Hal tersebut dapat menciptakan hubungan masyarakat dengan ekonomi kreatif untuk menghasilkan produk-produk bernilai tambah ekonomi yang mampu menjadikan kehidupan lebih sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *