LLDIKTI Wilayah II Gelar Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta

Akhir Tahun 2020, LLDIKTI Wilayah II menyelenggarakan Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Program Kerja Tahun Anggaran 2021, 13-15 November 2020, bertempat di Hotel Novotel Lampung.

Kegiatan raker ini dihadiri oleh sekira 205 pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di LLDIKTI Wilayah II.

Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Yuliansyah, S.E., M.S.A., Ph.D., Akt., CA. Mengatakan, Rapat Kerja Pimpinan PTS yang mengambil tema “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: SDM Unggul Indonesia Jaya” ini dilaksanakan guna menyampaikan hasil kinerja LLDIKTI Wilayah II pada tahun 2020, dan program apa saja yang akan dilaksanakan pada tahun 2021.

Prof. Yuliansyah Menuturkan, kegiatan ke depan kita ada dua fokus utama yakni penguatan SDM dosen-dosen PTS, dan penguatan manajemen insitusi PTS.

“Jadi penguatan SDM itu minimal SDM Perguruan Tinggi Swasta dosen-dosennya bisa melanjutkan pendidikan lebih lanjut dan peningkatan akademik melalui kegiatan workshop, seminar, dan lain sebagainya. Sedangkan penguatan manajemen insitusi yaitu dengan meningkatkan Akreditasi Perguruan Tinggi maupun akreditasi Program Studi.” ungkapnya.

Sekretaris LLDIKTI Wilayah II Dr. Nuril Furkan, M.Pd menambahkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mewujudkan kolaborasi antara perguruan tinggi swasta dimana setiap perguruan tinggi swasta akan saling membantu untuk mewujudkan peningkatan kualitasnya.

Beberapa upaya dan inovasi terus dilakukan oleh LLDIKTI Wilayah II dalam rangka memberikan pelayanan prima dan pembinaan kepada PTS di lingkup LLDIKTI Wilayah II, regulasi layanan terus kita perbaiki untuk mempermudah proses layanan yang efektif dan efesien kepada perguruan tinggi di lingkup wilayah II.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua APTISI Wilayah II.B Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc. yang juga Rektor IIB Darmajaya menjelaskan, Kegiatan raker pimpinan PTS ini menjadi forum kita sesama PTS di Wilayah II untuk sama-sama sharing tentang kendala-kendala permasalahan PTS dan harapan-harapan PTS yang ada di Provinsi Lampung, Sumsel, Bengkulu, dan Bangka Belitung, kami juga bersyukur bahwa respon LLDIKTI Wilayah II terhadap masukan dan saran dari PTS sangat baik dan akan menindaklanjutinya.

“kita berharap melalui raker ini dan rekomendasi yang dirumuskan bersama, endingnya adalah bagaimana agar terwujudnya PTS yang berkualitas, bermutu, dan bermartabat”, pungkasnya.

Salah satu peserta raker Dr. Triono, MIP selaku Rektor Universitas Megou Pak Tulang Bawang saat dimintai testimoninya menyebutkan bahwa raker ini merupakan kegiatan yang penting.

“Kegiatan raker ini sangat bermanfaat dan menjadi sarana penting untuk silaturahmi antar pimpinan PTS dengan LLDIKTI Wilayah II, problem solving terkait persoalan-persoalan yang dihadapi oleh PTS, serta saling tukar informasi dalam rangka pengembangan manajemen PTS kedepan,” ungkapnya.

Dr Triono menambahkan, bahwa dalam kegiatan raker ini juga juga disampaikan materi kebijakan-kebijakan pemerintah dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

“Harapan kami, PTS-PTS yang ada di LLDIKTI Wilayah II kedepan bisa terus saling bersinergi dan berkolaborasi dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan mutu pendidikan tinggi”, paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *